Apa Bisnis Online Itu ?



Basa basi 

Beberapa hari ini kayaknya mod menulis muncul kembali, ngga tau kenapa tapi yang pasti pengennya ingin berbagi informasi kepada para pembaca sekalian yang selalu rajin berkunjung kemari.
Fokus saya saat ini membahas masalah bisnis online yang katanya lebih menguntungkan dibandingkan bisnis offline (ini katanya looo....)
Banyak sekarang yang sudah mulai usaha baik kecil-kecilan maupun yang besar merambah kedunia online dengan berbagai macam hal yang ditawarkan tidak terkecuali saya... hehehe.

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online menurut saya (ini menurut saya lo ya...) bisa diartikan sebagai upaya untuk menawarkan sesuatu baik itu barang atau jasa melalui internet dan tanpa harus tatap muka dengan pembeli atau produsen atau apalah namanya.
Transaksinya pun juga dilakukan secara online, baik itu dimulai dari memilih sesuatu yang akan di order lalu pembelian dan malahan sampai pembayarannya pun dilakukan secara online. Bukan seperti yang konvensional dimana kita harus punya toko, lalu pelanggan datang langsung ketoko kemudian transaksi langsung antara penjual dan pembeli.



Mengapa mesti memilih bisnis online ?



Sebelum menjawab pertanyaan diatas, baiknya kita bandingkan dulu antara bisnis online dan bisniskonvensional (tradisional) berikut ini.

Bisnis konvensional (tradisional)
  • Modal tentu saja besar. Kenapa besar? Ya, karena memerlukan sebuah tempat atau wadah untuk berjualan dimana tempat berjualan juga tidak bisa sembarang dan harus memperhatikan beberapa hal seperti letak, harga sewa/beli dan mudah akses
  • Harus stok barang sebagai pajangan di toko dan memerlukan tempat yang luas.
  • Memerlukan penanganan khusus dalam pelayanan maka diperlukan karyawan untuk memenuhi kebutuhan itu dan ini nantinya tidak lepas dari penggajian bulanan terhadap karyawan.
  • Toko harus tetap dijaga baik oleh pemilik maupun karyawan selama jam kerja. Semakin lama toko buka maka semakin banyak omzet yang didapat tapi semakin sedikit jam kerja maka akan berdampak sebaliknya.
  • Promosi sangat terbatas dan mahal. Biasanya disesuaikan dengan aturan pemerintah setempat dalam pemasangan iklan.
  • Konsumen terkendala oleh jarak dan juga waktu.
Bisnis Online (internet)
  • Modal secukupnya, tidak terlalu besar namun tidak terlalu kecil asalkan bisa sewa hosting dan domain sudah cukup.
  • Tidak perlu stok barang, semua pajangan bisa bersifat stok barang yang ada atau bisa juga cuman sekedar visual saja asalkan ketika konsumen membutuhkan barang dimaksud maka barang itu harus ready.
  • Bisa ditangani sendiri dan keluarga, namun bisa juga memerlukan karyawan 1 atau 2 orang.
  • Toko online tidak harus dijaga, hanya memerlukan email dan handphone sebagai media penghubung antara penjual dan pembeli. Atau malahan saat ini ada yang semuanya dilayani secara otomatis, hanya pengiriman barang saja yang manual
  • Promosi bisa dimana saja, mau yang berbayar ataupun yang gratisan seperti dimedia - media sosial.
  • Yang penting, bisnis online ini bisa sebagai pekerjaan sampingan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama anda.


Lalu ?

Ya.. begitulah yang namanya bisnis is bisnis, apapun itu yang namanya usaha baik itu online maupun konvensional tetap harus memerlukan usaha yang keras. Tidak ada jaminan setiap bisnis akan berhasil dengan baik. Banyak yang gagal tapi tidak sedikit yang sukses, semuanya tergantung usaha dan proses.

Apakah berminat? tapi saran saya mencoba sesuatu hal tidak ada salahnya. Mulailah dari yang paling kecil dulu untuk proses kearah yang lebih besar.

Salam sukses untuk anda !

Jika Anda suka dengan artikel Apa Bisnis Online Itu ?, silahkan meninggalkan komentar atau bagikan dengan meng-klik tombol (F)acebook, (t)witter, (g+)Google+, (P)interest, StumbleUpon, Digg atau L(in)edIn. Atau Anda ingin berlangganan dengan artikel terbaru dari Bisnis Online via Email secara GRATIS silahkan masukkan email Anda pada form dibawah ini kemudian klik "Submit"
lsc
Blog, Updated at: 10:37 PM

2 comments:

  1. nice share om, keren penjabarannya

    Toko Online Penyedia Berbagai Macam Produk Berkualitas
    https://www.rifana.co.id

    ReplyDelete

Apabila artikel diatas kurang jelas, tidak dimengerti atau bahkan sangat membantu maka silahkan untuk meninggalkan pesan supaya kita bisa lebih akrab dalam pembahasan selanjutnya.

Komentar Anda akan sangat dihargai apabila :
- Anda berkomentar sesuai artikel yang dibahas
- Selalu menggunakan UserID yang benar bukan Anonim
- Berkomentar dengan santun

Search This Blog


Link Collider - Best SEO Booster
Earn Your Money